BLOGNYA JAN WARDI PINEM

Selamat datang di blogger ya saya. terima kasih anda telah menyempatkan diri membuka blooger saya. selamat membaca.

Jumat, 24 Februari 2012

METODE KUALITATIF PENGAMBILAN KEPUTUSAN

PROGRAMASI LINIER

  1. Pengertian

    Programasi linier merupakan metode untuk pengambilan keputusan dalam persoalan perekonomian dengan menggunakan persamaan/pertidaksamaan linier. Fungsi dari metode ini adalah untuk mengoptimalkan tujuan dengan sumber-sumber yang terbatas.


     

  2. Tahapan
    1. Menentukan fungsi tujuan dalam bentuk persamaan linier.
    2. Menentukan semua fungsi kendala dalam bentuk pertidaksamaan/persamaan.
    3. Menggambarkan grafik yang menunjukkan semua fungsi kendala dalam sistem koordinat.
    4. Menentukan area yang layak (feasible area).
    5. Menentukan titik koordinat dalam feasible area yang mengoptimalkan fungsi tujuan.


 


 

Contoh soal

Perusahaan roti akan memproduksi 2 jenis roti, yaitu x dan y. Untuk memproduksi 1 unit x dibutuhkan 2 unit bahan I dan 5 unit bahan II. Untuk memproduksi 1 unit y dibutuhkan 3 unit bahan I dan 3 unit bahan II. Bahan I tersedia 210 unit dan bahan II tersedia 300 unit. Laba dari penjualan x sebesar 100/unit dan laba dari penjualan y sebesar 200/unit. Dari kondisi di atas

  1. gambarkan kurva yang menunjukkan feasible area,
  2. tentukan jumlah x dan y yang harus diproduksi agar menghasilkan laba maksimum,
  3. tentukan laba maksimumnya!

Jawaban

Fungsi tujuan:     Z = 100x + 200y

Fungsi kendala:    I.      2x + 3y ≤ 210

                    II.     5x + 3y ≤ 300

Persamaan fungsi kendala menjadi

                    I.      2x + 3y = 210

                    II.     5x + 3y = 300

a. Tahap Penggambaran Kurva

Perpotongan antara garis kendala I dan II

II.     5x + 3y = 300

I.      2x + 3y = 210 _

     3x = 90

     x         = 30

I.      2x + 3y = 210

     2(30) + 3y = 210

     60 + 3y = 210

             3y = 210 – 60

             y = 50

Jadi titik koordinatnya (30, 50)

Perpotongan garis kendala I dgn sumbu x (y=0)

I.      2x + 3y = 210

         2x = 210

     x = 105

Jadi titik koordinatnya (105, 0)


 

Perpotongan garis kendala I dgn sumbu y (x=0)

I.      2x + 3y = 210

         3y = 210

     y = 70

Jadi titik koordinatnya (0, 70)

Perpotongan garis kendala II dgn sumbu x (y=0)

II.     5x + 3y = 300

     5x = 300

     x = 60

Jadi titik koordinatnya (60, 0)


 

Perpotongan garis kendala II dgn sumbu y (x=0)

II.     5x + 3y = 300

     3y = 300

     y = 100

Jadi titik koordinatnya (0, 100)

y

100


 

A(0, 70)

70

B(30, 50)

50


 


 


 


 

C(60, 0)

0 30 60 105 x

b.    Jumlah x dan y yang harus diproduksi agar menghasilkan laba maksimum

    ZA = 100(0) + 200(70) = 14000

    ZB = 100(30) + 200(50) = 13000

    ZC = 100(60) + 200(0) = 6000

    Jadi x = 0 dan y = 70 (titik A)

c.     Laba maksimumnya = 14000

    

Soal

Diketahui data sebagai berikut

Proses Produksi 

Kebutuhan bahan/unit produk

Persediaan bahan 

x 

y 

I 

5 

3 

300 

II 

0 

2 

120 

III 

4 

5 

400 

Laba 

500 

1000 

 


 

a. Gambarkan kurva yang menunjukkan feasible area!

b.    Tentukan x dan y yang harus diproduksi agar menghasilkan laba maksimum!

c.    Tentukan laba maksimumnya!


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Titik Ekstrim

    Fungsi Tujuan Z = 5x + 2y

    Fungsi Kendala

    1. 4x + 2y <= 20
    2. 6x + 6x <= 36
    3. 2x + 4y <= 20

    Dengan menambah variabel slack menjadi

    1. 4x + 2y + s1 = 20
    2. 6x + 6x + s2 = 36
    3. 2x + 4y + s3 = 20


     

    1. Pada x = y = 0

      4(0) + 2(0) + s1 = 20 à s1 = 20

      6(0) + 6(0) + s2 = 36 à s2 = 36

      2(0) + 4(0) + s3 = 20 à s3 = 20

      Jadi Z = 3x + 2y = 3(0) + 2(0) = 0


       

    2. Pada x = s1 = 0

      4(0) + 2y + 0 = 20 à y = 10

      6(0) + 6(10) + s2 = 36 à s2 = 36 – 6(10) = -24

      2(0) + 4(10) + s3 = 20 à s3 = 20 – 4(10) = -20


       

    3. Pada x = s2 = 0

      6(0) + 6y + 0 = 36 à y = 6

      4(0) + 2(6) + s1 = 20 à s1 = 20 – 2(6) = 8

      2(0) + 4(6) + s3 = 20 à s3 = 20 – 4(6) = -4


       

    4. Pada x = s3 = 0

      2(0) + 4y + 0 = 20 à y = 5

      4(0) + 2(5) + s1 = 20 à s1 = 20 – 2(5) = 10

      6(0) + 6(5) + s2 = 36 à s2 = 36 – 6(5) = 6

      Jadi Z = 3x + 2y = 3(0) + 2(5) = 10


       

    5. Pada y = s1 = 0

      4x + 2(0) + 0 = 20 à x = 5

      6(5) + 6(0) + s2 = 36 à s2 = 36 – 6(5) = 6

      2(5) + 4(0) + s3 = 20 à s3 = 20 – 2(5) = 10

      Jadi Z = 3x + 2y = 3(5) + 2(0) = 15


       

    6. Pada y = s2 = 0

      6x + 6(0) + 0 = 36 à x = 6

      4(6) + 2(0) + s1 = 20 à s1 = 20 – 4(6) = -4

      2(6) + 4(0) + s3 = 20 à s3 = 20 – 2(6) = 8


       


       

    7. Pada y = s3 = 0

      2x + 4(0) + 0 = 20 à x = 10

      4(10) + 2(0) + s1 = 20 à s1 = 20 – 4(10) = -20

      6(10) + 6(0) + s2 = 36 à s2 = 36 – 6(10) = -24


       

    8. Pada s1 = s2 = 0

      4x + 2y + 0 = 20 à 12x + 6y = 60

      6x + 6y + 0 = 36 à 6x + 6y = 36

      6x = 24

      x = 4

      4(4) + 2y + 0 = 20 à 2y = 20 – 4(4)

      y = 2

      2(4) + 4(2) + s3 = 20 à s3 = 20 – 2(4) – 4(2) = 4

      Jadi Z = 3x + 2y = 3(4) + 2(2) = 16


       

    9. Pada s1 = s3 = 0

      4x + 2y + 0 = 20 à 8x + 4y = 40

      2x + 4y + 0 = 20 à
      2x + 4y = 20

      6x = 20

      x = 3,33

      2(3,33) + 4y + 0 = 20 à 4y = 20 – 2(3,33)

      y = 3,33

      6(3,33) + 6(3,33) + s2= 36 à s2= 36 – 6(3,33) – 6(3,33)= -4

      1. Pada s2 = s3 = 0

        2x + 4y + 0 = 20 à 6x + 12y = 60

        6x + 6y + 0 = 36 à
        6x + 6y = 36

        6y = 24

        y = 4

        2x + 4(4) + 0 = 20 à 2x = 20 – 4(4)

        x = 2

        4(2) + 2(4) + s1 = 20 à s1 = 20 – 4(2) – 2(4) = 4

        Jadi Z = 3x + 2y = 3(2) + 2(4) = 14


     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar