- International bisnis → Bisnis yang kegiatan melewati batas-batas suatu negara.
- Foreign Bisnis → Melakukan kegiatan bisnis disuatu negara tertentu.
Istilah perusahan yang beroperasi :
- Multidomestik companysuatu perusahaan yang memiliki cabang diberbagai negara,dimana masing-masing anak perusahaan merumuskan strategi bisnisnya masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan bisnis yang dihadapi.
- Global companyPerusahan yang berupa membakukan danmemadukan operasi diseluruh dunia sebagai pada semua bidang fungsional.
- International companyBisa perusahaan multi maupun global company.
Faktor yang mendorong globalisasi
- Faktor politikAdanya kelompok-kelompok eksklusif atau perdagangan kawasan,seperti : AFTA,NAETA,LAFTA,EA
- TeknologiKemajuan dibidang teknologi komputer dan internet.
- PasarPerusahaan yang semakin mendunia,mereka juga menjadi pelangan global.→kejenuhan pasar dalam negeri
- Biaya (skala ekonomi)
- Persaingan dalam negeri. Contoh (kodak & fuji )
ORIENTASI PENGOLAHAN BISNIS INTERNATIONAL
- ETNOSENTRIS→ Menganggap negara Sendiri superior,melihat Persamaan dinegara lain.
- Poucentris→ melihat setiap negara itu unik,melihat perbedaan dinegara lain.
- GEOSENTRIS→ memandang dunia,melihat persamaan dan perbedaannya melakukan strategi bisnisnya.
- REGEONSENTRISMelihat perbedaan & persamaan dalam suatu wilayah tertentu mempunyai pandangan etnisentris/polisentris pada bagian dunia lainnya.
KONSEP 5C FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN PERUSAHAAN YG BEROPERASI DI INTERNASIONAL
- CUSTOMERPerusahaan harus menciptakan nilai baru bagi pelanggan,sehingga dengan mampu menciptakan nilai baru mereka akan loyal.
- COMPETITIONMenjalin kemitraan dengan perusahaan lain dalam pengembangan & penyebaran teknologi.
- COMPANYPerusahaan harus menjangkaan pasar yang luas untuk menutupi riset & deploment produk.
- CURRENTYNilai tukar mudah berubah.Pindah ke negara-negara berbiaya rendah dan melakukan hedging (antisipasi trhadp resiko)
- COUNTRYPindah/beroperasi dinegara atau lingkungan bisnis yang kondusif.
PERDAGANGAN DARI INVESTASI DALAM BISNIS INTERNATIONAL
Perdagangan international timbul karena :
- Perbedaan harga(penawaran/faktor produksi)
- Selera (faktor permintaan)
HARGA PRODUK INTERNATIONAL DITENTUKAN OLEH
Biaya faktor produksi
HAMBATAN-HAMBATAN PERDAGANGAN.
- Hambatan tariftarif adalah pajak yang dikenakan atas barang yang dikirim secara international.
- Jenis-jenis tarif :
- Tarif berdasarkan arah perpindahan produk.
- Custom duty → dalam negeri/bea cukai
- Tax export → luar negeri
Tidak semua pajak di tanggung negara,kecuali kebijakan negara tersebut.
- Tarif berdasarkan tujuan
- Protective tarif→ melindungi industri dalam negeri.
- Revenue tarif → tujuannya untuk penghasilan bagi negara.
- Berdasarkan jangka waktunya
- Tarif socharhe→ biaya tambahan yang hanya diberlakukan atas suatu barang untuk sementara waktu.
- Cauntervailing duty→ biaya tambahan yang bersifat permanen yang dikenakan pada barang impor yang bersubsidi oleh pemerintah luar negeri atau di curigai melakukan dumping.
- Berdasarkan tarif yang dikenakan
- Specifis duties→ tarif tertentu (fixed) perunit berat,panjang atau ukuran yang lainnya.
- Advalorem tarif→berdasarkan tarif dinyatakan dalam bentuk prosentase tertentu dari faktur (invoice)
- Compound duty (combine rate)→kombinasi dari specifis duties dan advalorem tarif yang diterapkan pada suatu produk tertentu.
2.Hambatan non tarif
- Partisipasi pemerintah
- Subsidi
- Prosedur masuk
- Lisensi=izin
- Peraturan kesehatan dan keamanan
- Persyaratan produk
- Standar produk
- Pengujian produk
- Spesifikasi produk
- Kuota →membatasi produk kedalam negara,yang dibatasi adalah jumlahnya.
- Absoulate quota
- Tarif quata
- Pengendalian finansial
- Pembatasan aliranaliran dana keperusahaan induk
- Prior import deposit→importir yang kedalam negara,harus mengeluarkan dana impor negara tujuan
ALASAN MEMASUKI PASAR LUAR NEGERI
- Meningkatkan penjualan dan laba
- Menghadapi ancaman kehilangan pasar dalam negeri.
- Untuk mencapai skala ekonomi.Skala ekonomi itu adalah skala produksi yang lebih tinggi.
- Mengalami over produksi
- Mengurangi ketergantungan pada suatu pasarMengurangi terhadap pasar domestik/pasar dalam negeri
- Memanfaatkan regulasi ekspor
MEMASUKI PASAR INTERNATIONAL - Ekspor
- Ekspor tidak langsung.Mengekspor barang dan jasa melalui berbagai jenis eksportir yang berbasis dalam negeri secara tidak langsung.Eksportir antara lain :
- Agen ekspor pabrik→ agen ekspor yang memberikan jasa ke pabrik
- Agen komisi ekspor→agen yang mengekspor barang perusahaan dengan komisi tertentu.
- Keuntungan eksportir
- Bebas resiko
- Tidak perlu menguasai keahlian eksportir
- Kelemahan eksportir
- Terkenanya komisi atau biaya
- Tidak memonitor produk keluar negeri
- Keuntungan dibagi dua.
- Ekspor bersama.Perusahaan menjalin kerjasama dalam hal riset, pengiriman, pendistribusian, atau aktivitas lainnya menyangkut keperluan ekspor.
- Bentuk lain kesepakatan ekspor bersama adalah :
- Piggybacking.Yaitu sebuah perusahan meawarkan produknya diluar negeri dengan menggunakan jaringan distribusi perusahaan lain.Mis : minolta dan ibm
- Ekspor langsung.Melakukan ekspor langsung,departemen dalam perusahaan ekspor langsung atau milik sendiri.
- contactual agrement : perjanjian kontrak.
- contractual manufacturingstrategi memasuki pasar internasional dengan cara proses produksi dikontrakan pada perusahaan lokal negara tujuan sementara pemasaran tetap dipegang oleh perusahaan.
- LisensiPerusahaan memberikan hak untuk menggunakan teknologi,merek dagang yang telah dipatenkan kepada suatu perusahaan(licensee) dinegara tujuan,dengan mendapatkan royalti. Tujuannya menimalkan resiko dan cost.
- Franchising/waralaba
- Merupakan lisensi dalam industri jasa
- Waralaba kemungkinan perusahaan berekpansi secara international tanpa melakukan inventasi modal yang berlaku.
- Frencisor,menyediakan sistem standar produk,sistem pelayanan dan manajemen.
- Frencisee,menyediakan modal,personal dan pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar